Tiga SD Ujian di Tepi Pantai


SUASANAN Ujian Sekolah berbasis Komputer SD Akelamo. foto ISTIMEWA

TIDORE - Pelaksanaan ujian tingkat SD tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelummya. Seperti tiga SD yang ada di Kecamatan Oba Tengah, Senin (5/4). Dimana para siswa maupun siswi di tiga SD ini terpaksa menjalani ujian ditepi pantai agar bisa mengakses jaringan internet. Pasalnya, jaringan internet di tiga sekolah ini bermasalah sehingga sulit diakses. Diantaranya SDN Aketobatu Pasigau, SDN Bula Aketobololo dan SDN Akelamo.

Meski begitu, para siswa dan siswi sangat antusias, sekalipun suasana ujian berbeda dari biasanya.  “Pelaksanaan ujian di pantai karena mereka menyesuaikan dengan jaringan,”aku Kabid Pengembangan SD di Dinas Pendidikan Tikep, Jamil Hadi. Jamil mengatakan, ujian kali ini berbasis online. Soal ujian dikirim melalui link yang masuk langsung ke para siswa maupun siswi. Pilihan lokasi ujian di tepi pantai juga sudah melalui kesepakatan bersama antara guru, koordinator wilayah, pengawas dan Kepala Sekolah (Kepsek). Bahkan kata Jamil, sekolah yang belum bisa menjangkau akses internet dibolehkan untuk bergabung dan melakukan ujian disekolah lain. “Ujian dilakukan selama satu minggu.

Siswa lebih memilih pantai agar mendapat suasana lain,”jelas Jamil. Sedangkan 10 SD di Kecamatan Oba Selatan dikumpulkan ke 4 titik yang memiliki jaringan. “Pelaksanaan ujian berjalan lancar dan aman,” tuturnya. Sebelum ujian digelar, pihaknya lebih dulu melakukan simulasi atau uji coba terhadap semua peserta. “Sudah uji coba, makanya mereka pilih di lokasi itu (Tepi pantai, red) karena sudah diuji coba,”tandasnya.(aby/aji)