Pemprov Gelontorkan Rp270 Miliar


Salmin Janidi

TIDORE - Nasib dua Kecamatan Oba Tengah dan Oba Utara  yang diusulkan masuk dalam kawasan pengembangan Kota Baru Sofifi, belum diputuskan. Meski begitu, Pemerintah Provinsi Malut sudah memberikan perhatian terhadap Kota Tidore Kepulauan. Rencananya, Pemprov bakal mengelontorkan anggaran sebesar Rp270 miliar lebih untuk pembangunan di Kota Tikep, khususnya daratan Oba.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Utara, Salmin Janidi pada Kamis (8/4), mengatakan, dua Kecamatan, yakni Oba dan Oba Selatan yang tidak masuk dalam kawasan pengembangan Kota Baru Sofifi bukan berarti lepas dari perhatian. Lanjut dia, dua Kecamatan itu masuk dalam prioritas, terutama infrastruktur jalan. Diakui Salmin, dalam tahun ini, Pemprov akan membangun jalan di Oba yang menghubungkan Payahe dan Dahepodo.

Ia menambahkan, kontribusi pembangunan Pemprov Malut untuk Kota Tidore Kepulauan ditahun ini mencapai Rp 270 miliar lebih. Dana ratusan miliar ini digelontorkan Pemprov untuk membiayai 7 kegiatan prioritas di Tikep. Mulai bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, Kesra, PUPR, Perkim dan lain-lain.

Disentil Salmin, kesiapan anggaran pengembangan kawasan Kota Baru Sofifi, Pemprov belum mengajukan kebutuhan anggaran dan tim khusus yang dibentuk Mendagri. “Dan usulan dari Tikep ke tim khusus itu sedang ditampung karena motornya langsung dari pusat. Kami tim daerah hanya back up saja,”tandasnya.(aby/aji)