Login Berlangganan Dahlan Iskan Ekonomi Politik Akademika Selebrita Ragam Jurnalisme Advertorial Nasional Hukum Opini Video
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Data Pemilih Dua Kecamatan Bermasalah, KPU Ternate Skorsing Sidang Pleno

#
rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pemilihan wali kota dan wakil wali kota Ternate, yang dilaksanakan di lantai II Waterbom, Kamis (15/10/2020). (Foto: Irwan/malutpost.id)

 

Ternate, malutpost.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate putuskan menindaklanjuti rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate terkait data pemilih dalam Pilwako Ternate 2020.

Keputusan lembaga penyelenggara itu saat rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pemilihan wali kota dan wakil wali kota Ternate, yang dilaksanakan di lantai II Waterbom, Kamis (15/10/2020).

"Berdasarkan petunjuk KPU pusat, jika ada rekomendasi Bawaslu maka akan dilakukan validasi bersama di lapangan antara KPU dan Bawaslu. Oleh karena itu sidang diskorsing menunggu hasil verifikasi di lapangan," kata Ketua KPU Kota Ternate M Zen Karim.

Dari pantauan, dua PPK yang belum dapat rekomendasi dari Bawaslu yakni PPK Ternate Utara dan Ternate Tengah masih bermasalah. Namun, untuk PPK pulau Ternate, Hiri, Moti, dan Batang dua serta Ternate Selatan dirokomensi oleh Bawaslu dan tim Paslon. Berdasarkan informasi yang dihimpun malutpost.id, dua PPK yang belum mendapat rekomendasi atau persetujuan dari Bawaslu karena bermasalah yakni, PPK Ternate Utara dan Ternate Tengah. Sementara untuk PPK Pulau Ternate, Hiri, Moti, dan Batang Dua serta Ternate Selatan mendapat persetujuan oleh Bawaslu dan tim paslon.

 

Menurut M Zen rapat pleno penetapan perlu dilakukan secara profesional. Untuk itu, Bawaslu serius dalam mengawal validasi dan pemuktahiran daftar pemilih.

"Proses validasi ini harus menjadi perhatian dari semua pihak,"ungkapnya.

Rapat pleno itu dibuka Ketua KPU Kota Ternate, M.Zen Karim di dampingi empat  Komisioner, Kuad Suwarno, Mumina Daeng Barang, Soleman Patras dan Jainudin Ali.

Dihadiri komsioner KPU Provinsi Renny Banjar juga hadir menyaksikan pleno tersebut. Sedangkan Bawaslu Kota Ternate dihadiri oleh Kordiv Pengawasan Rusly Saraha, Kordiv HPP Sulfi Majid serta staf bagian data. (mg-02)

 

 

-

Peliput : Irwan Muhammad

Editor  : Ikram

 

Beri Komentar

Berita Pilihan