Login Berlangganan Dahlan Iskan Ekonomi Politik Akademika Selebrita Ragam Jurnalisme Advertorial Nasional Hukum Opini Video
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Dihantam Gelombang Pasang, Rumah di Desa Yayasan Terendam Air Laut

#
Kondisi rumah warga di Desa Yayasan, Kecamatan Morotai, Kabupaten Pulau Morotai yang terendam gelombang pasang, Sabtu (17/10/2020). (istimewa)

Daruba, malutpost.id -- Puluhan rumah warga di kompleks Liang Desa Yayasan Kecamatan Morotai Selatan, Maluku Utara terendam air pasang laut, Sabtu,(17/10). Banjir rob tersebut merendam beberapa rumah dan membuat panik warga setempat.

Amatan malutpost.id, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 18.00 WIT, tercatat sudah 2 rumah warga mulai tergenang, air masuk hingga ke dalam rumah. Sementara gelombang pasang masih berlangsung.

"Air laut sudah naik ke bibir pantai,"ujar Fikram Djakaria, salah satu warga yang rumahnya terkena dampak air pasang tersebut.

Menurut Fikram, setiap tahun warga setempat menjadi langganan ketika air sedang pasang. Bahkan, rendaman air laut sempat mencapai lutut orang dewasa. "Kejadian ini sudah jadi langganan tiap tahun, tahun sebelumnnya ketinggian air pasang sampai lutut orang dewasa dan ada rumah yang rusak,"ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah daerah Kabupaten Pulau Morotai maupun pemerintah desa bisa memperhatikan keluhan masyarakat dan meminimalisir bencana dengan membuat talur penahan ombak. Pasalnya, banyak rumah warga yang berada di tepi pantai terancam gelombang pasang maupun abrasi. 

"Harapannya musibah air pasang ini bisa menjadi perhatian pemda dan desa agar musibah ini bisa ditanggulangi, karena ini sudah menjadi langganan tiap tahun,"harapnya. Hingga berita ini diturunkan, belum ada tim dari Basarnas maupun pemerintah desa dilokasi kejadian. (tr-04)

 

-

Peliput : Sofyan Togubu

Editor   : Ikram

Beri Komentar

Berita Pilihan