Login Berlangganan Dahlan Iskan Ekonomi Politik Akademika Selebrita Ragam Jurnalisme Advertorial Nasional Hukum Opini Video
1 / 3
2 / 3
3 / 3

Dispar Ternate Siapkan Ratusan Juta untuk Industri Kreatif

#
Rizal Marsaoly. (istimewa)
Ternate, malutpost.id -- Dinas Pariwisata Kota Ternate menggelontorkan Rp 102 juta bagi percepatan ekonomi masyarakat khususnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif. 
 
Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, awalnya dana yang disiapkan senilai Rp 202 juta, namun saat recofusin tersisa Rp 108 juta dan turun menjadi Rp 102 juta. Dana itu akan disalurkan kepada 300-400 pelaku usaha di Ternate.
 
Menurut Rizal, ada beberapa program prioritas diakhir tahun yakni fokus memberi bantuan yang bersifat langsung, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif baik berada di areal destinasi wisata maupun di luar destinasi.
 
"Bantuannya berupa berupa alat masak bagi pelaku usaha industri yang terdampak langsung,"kata Rizal, kepada malutpost.id, Senin (12/10/20).
 
Menurutnya, untuk program tersebut dilakukan melalui penunjukan langsung dan tidak mengikuti proses tender, karena waktu yang sudah sangat mepet. Rizal bilang, pelaku usaha harus terus berproduksi, namun dilain sisi biaya produksi tidak berimbang dengan pendapatan. 
 
"Bantuan bervariasi, dengan modal yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dari Rp 3-5 juta, yang berupa barang dan diberikan langsung,"tuturnya.
 
Ia menambahkan, dalam masa adaptasi kebiasaan baru pihaknya juga terus mengkampanyekan gerakan bersih indah, sehat dan aman atau BISA. 
 
"Karena Kalau bicara soal pariwisata tidak hanya bicara soal keramaian saja, sekarang banyak yang fokus soal destinasi itu bersih atau tidak,"pungkas mantan Kadis Tata Kota Ternate itu. (mg-02)
 
 
 
 
-
Peliput : Irwan Muhammad
Editor   : Ikram
 

Beri Komentar

Berita Pilihan